Mengapresiasi Musik
A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu mendeskripsikan makna apresiasi dengan tepat.
2. Peserta didik mempunyai sikap apresiatif dan mampu menganalisis karya musik.
3. Peserta didik mampu mengapresiasi karya musik dengan benar.
B. Materi Pokok
1. Definisi Apresiasi
Istilah apresiasi sering kita temukan, ucapkan, dan dengarkan terkait dengan film,
lukisan, teater, juga musik. Istilah apresiasi berasal dari bahasa Latin apreciatio
yang berarti menghargai atau mengindahkan. Gove dalam Aminudin (1995:34),
mendefinisikan apresiasi dengan konteks lebih luas. Apresiasi mengandung
makna pengenalan atau kepekaan batin, dan pemahaman/pengakuan terhadap
nilai keindahan yang diungkapkan. Dalam seni, apresiasi dapat diartikan sebagai
kegiatan manusia (individu) dalam menghargai atau menilai karya seni. Banyak
cara untuk mengapresiasi seni (musik), hal ini dapat dimulai dari pengenalan karya
seni (musik). Cara yang dimaksud yakni dengan mendengarkan dan menonton
pertunjukan musik, mengevaluasi karya musik, serta mengkritik sebuah karya musik.
Dampak yang diinginkan dari aktivitas tersebut adalah peserta didik dapat mengenal
jenis musik, nama personil kelompok atau grup musik, mengetahui arti lirik lagu,
sampai dengan instrumen (alat musik) yang digunakan. Proses pengenalan yang
menyenangkan akan membuat peserta didik termotivasi untuk mengetahui lebih
lanjut tentang karya tersebut.
2. Sikap Apresiatif terhadap Musik
Seni musik merupakan salah satu unsur kebudayaan. Musik terus berubah dan
berkembang sesuai zaman. Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan
mampu memahami ragam musik, mengenal para komponis musik, mengetahui media
musik. Sikap apresiatif meliputi kemampuan mengklasifikasi, mendeskripsikan, dan
menganalisis karya musik. Kemampuan mengapresiasi musik didukung dengan
pengetahuan mengenai teori musik, sejarah musik, harmoni. Aktivitas tersebut dapat
dilatih secara lisan, praktik maupun tulisan.
3. Jenis Apresiasi
Apresiasi terhadap karya seni dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a. Apresiasi Empatik
Aktivitas menghargai suatu karya seni yang dapat diterima secara inderawi. Pada
pertunjukan musik, kita melihat kekompakan penampilan sebuah kelompok musik.
Kita tertarik untuk mengetahui prosesnya mulai dari proses latihan, pemilihan alat,
dan aksi panggung.
b. Apresiasi Estetis
Aktivitas menghargai suatu karya seni dengan pengamatan dan penghayatan secara
mendalam. Misalnya, kita mengevaluasi sebuah pertunjukan seni dalam hal teknis
pertunjukan, kekompakan, dan tata panggung.
c. Apresiasi Kritik
Aktivitas menghargai atau menilai suatu karya seni dengan melibatkan analisis,
deskripsi, klasifikasi, serta menyimpulkan secara langsung dan nyata. Hal ini dapat
ditemukan pada ajang pencarian bakat (Indonesian Idol, The Voice Indonesia,
D’Academy, The Mask Singer Indonesia) dan kompetisi musik yang membutuhkan
penilaian secara lengkap dan mendalam.
4. Komunikatif dan Interaktif
Seni dapat dipersepsikan oleh satu individu dengan individu yang lain secara berbeda.
Kegiatan mengapresiasi seni diharapkan dapat menumbuhkan sikap positif dalam
diri peserta didik. Dua di antaranya adalah sikap komunikatif dan interaktif secara
santun serta efektif pada proses pembelajaran. Penerapan sikap tersebut terwujud
dalam diskusi musik, kunjungan pertunjukan musik, kunjungan pameran atau
sanggar musik. Melalui kedua sikap tersebut, siswa dapat mengamalkan perilaku
positif, optimis dalam berinteraksi dengan masyarakat serta lingkungan, dalam
konteks lokal dan nasional.
5. Menghargai Profesi Seni
Lingkup dunia seni yang luas membuka lahan profesi untuk siapa saja yang memiliki
imajinasi, kreativitas, dan apresiasi tinggi terhadap estetika. Profesi yang terkait
dengan bidang seni antara lain pelukis, direktur artistik, desainer, edukator, kurator,
dan penyanyi. Mengenalkan tokoh-tokoh seni budaya khususnya seni musik yang
berkontribusi penting terhadap bangsa dan masyarakat adalah upaya nyata yang
harus dilakukan. Jika proses mengenalkan tersebut dilakukan secara berulang, maka
akan memupuk empati. Dengan demikian, rasa empati peserta didik berdampak
pada penghargaan terhadap profesi maupun karya seni.
6. Manfaat Apresiasi Musik
Terdapat lima manfaat apresiasi seni musik yang dapat guru dan peserta didik kenali,
yaitu:
a. Meningkatkan kecintaan terhadap karya seni musik. Guru memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan menonton video seni musik yang meningkatkan
kecintaan terhadap karya musik.
b. Mengenal bentuk atau objek karya seni. Guru melibatkan peserta didik
mengenalkan bentuk-bentuk karya musik.
c. Sarana melakukan kritik karya musik. Guru melibatkan peserta didik untuk
melakukan kritik terhadap karya musik.
d. Sarana melakukan penilaian, hiburan, empati, dan edukasi.
e. Mengembangkan kemampuan mengapresiasi seni mu
Link Video untuk di apresiasi:
1. Perhatikan penampilan grup musik mereka
2. Kemudian apresiasilah dengan ketiga jenis apresiasi
a. Apresiasi Empatik
b Apresiasi Estetis
c. Apresiasi Kritik
3. Diskusikan secara berkelompok hasil apresiasi kalian
4. Setelah itu presentasikan
_______________________________________
Komentar
Posting Komentar