Apresiasi Musik

 


Mengapresiasi Musik


A. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik mampu mendeskripsikan makna apresiasi dengan tepat.

2. Peserta didik mempunyai sikap apresiatif dan mampu menganalisis karya musik.

3. Peserta didik mampu mengapresiasi karya musik dengan benar.


B. Materi Pokok

1. Definisi Apresiasi

Istilah apresiasi sering kita temukan, ucapkan, dan dengarkan terkait dengan film,

lukisan, teater, juga musik. Istilah apresiasi berasal dari bahasa Latin apreciatio

yang berarti menghargai atau mengindahkan. Gove dalam Aminudin (1995:34),

mendefinisikan apresiasi dengan konteks lebih luas. Apresiasi mengandung

makna pengenalan atau kepekaan batin, dan pemahaman/pengakuan terhadap

nilai keindahan yang diungkapkan. Dalam seni, apresiasi dapat diartikan sebagai

kegiatan manusia (individu) dalam menghargai atau menilai karya seni. Banyak

cara untuk mengapresiasi seni (musik), hal ini dapat dimulai dari pengenalan karya

seni (musik). Cara yang dimaksud yakni dengan mendengarkan dan menonton

pertunjukan musik, mengevaluasi karya musik, serta mengkritik sebuah karya musik.

Dampak yang diinginkan dari aktivitas tersebut adalah peserta didik dapat mengenal

jenis musik, nama personil kelompok atau grup musik, mengetahui arti lirik lagu,

sampai dengan instrumen (alat musik) yang digunakan. Proses pengenalan yang

menyenangkan akan membuat peserta didik termotivasi untuk mengetahui lebih

lanjut tentang karya tersebut.

2. Sikap Apresiatif terhadap Musik

Seni musik merupakan salah satu unsur kebudayaan. Musik terus berubah dan

berkembang sesuai zaman. Melalui pembelajaran ini, peserta didik diharapkan

mampu memahami ragam musik, mengenal para komponis musik, mengetahui media

musik. Sikap apresiatif meliputi kemampuan mengklasifikasi, mendeskripsikan, dan

menganalisis karya musik. Kemampuan mengapresiasi musik didukung dengan

pengetahuan mengenai teori musik, sejarah musik, harmoni. Aktivitas tersebut dapat

dilatih secara lisan, praktik maupun tulisan.

3. Jenis Apresiasi

Apresiasi terhadap karya seni dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

a. Apresiasi Empatik

Aktivitas menghargai suatu karya seni yang dapat diterima secara inderawi. Pada

pertunjukan musik, kita melihat kekompakan penampilan sebuah kelompok musik.

Kita tertarik untuk mengetahui prosesnya mulai dari proses latihan, pemilihan alat,

dan aksi panggung.

b. Apresiasi Estetis

Aktivitas menghargai suatu karya seni dengan pengamatan dan penghayatan secara

mendalam. Misalnya, kita mengevaluasi sebuah pertunjukan seni dalam hal teknis

pertunjukan, kekompakan, dan tata panggung.

c. Apresiasi Kritik

Aktivitas menghargai atau menilai suatu karya seni dengan melibatkan analisis,

deskripsi, klasifikasi, serta menyimpulkan secara langsung dan nyata. Hal ini dapat

ditemukan pada ajang pencarian bakat (Indonesian Idol, The Voice Indonesia,

D’Academy, The Mask Singer Indonesia) dan kompetisi musik yang membutuhkan

penilaian secara lengkap dan mendalam.

4. Komunikatif dan Interaktif

Seni dapat dipersepsikan oleh satu individu dengan individu yang lain secara berbeda.

Kegiatan mengapresiasi seni diharapkan dapat menumbuhkan sikap positif dalam

diri peserta didik. Dua di antaranya adalah sikap komunikatif dan interaktif secara

santun serta efektif pada proses pembelajaran. Penerapan sikap tersebut terwujud

dalam diskusi musik, kunjungan pertunjukan musik, kunjungan pameran atau

sanggar musik. Melalui kedua sikap tersebut, siswa dapat mengamalkan perilaku

positif, optimis dalam berinteraksi dengan masyarakat serta lingkungan, dalam

konteks lokal dan nasional.

5. Menghargai Profesi Seni

Lingkup dunia seni yang luas membuka lahan profesi untuk siapa saja yang memiliki

imajinasi, kreativitas, dan apresiasi tinggi terhadap estetika. Profesi yang terkait

dengan bidang seni antara lain pelukis, direktur artistik, desainer, edukator, kurator,

dan penyanyi. Mengenalkan tokoh-tokoh seni budaya khususnya seni musik yang

berkontribusi penting terhadap bangsa dan masyarakat adalah upaya nyata yang

harus dilakukan. Jika proses mengenalkan tersebut dilakukan secara berulang, maka

akan memupuk empati. Dengan demikian, rasa empati peserta didik berdampak

pada penghargaan terhadap profesi maupun karya seni.

6. Manfaat Apresiasi Musik

Terdapat lima manfaat apresiasi seni musik yang dapat guru dan peserta didik kenali,

yaitu:

a. Meningkatkan kecintaan terhadap karya seni musik. Guru memfasilitasi peserta

didik melakukan kegiatan menonton video seni musik yang meningkatkan

kecintaan terhadap karya musik.

b. Mengenal bentuk atau objek karya seni. Guru melibatkan peserta didik

mengenalkan bentuk-bentuk karya musik.

c. Sarana melakukan kritik karya musik. Guru melibatkan peserta didik untuk

melakukan kritik terhadap karya musik.

d. Sarana melakukan penilaian, hiburan, empati, dan edukasi.

e. Mengembangkan kemampuan mengapresiasi seni mu


Link Video untuk di apresiasi:

https://youtu.be/eGgI5U0xz1w

1. Perhatikan penampilan grup musik mereka

2. Kemudian apresiasilah dengan ketiga jenis apresiasi

    a. Apresiasi Empatik

    b Apresiasi Estetis

    c. Apresiasi Kritik

3. Diskusikan secara berkelompok hasil apresiasi kalian

4. Setelah itu presentasikan


_______________________________________

Komentar