KHD menjelaskan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”.
KHD mengelaborasi Pendidikan terkait kodrat alam dan kodrat zaman sebagai berikut:
“Dalam melakukan pembaharuan yang terpadu, hendaknya selalu diingat bahwa
segala kepentingan anak-anak didik, baik mengenai hidup diri pribadinya maupun
hidup kemasyarakatannya, jangan sampai meninggalkan segala kepentingan yang
berhubungan dengan kodrat keadaan, baik pada alam maupun zaman. Sementara itu,
segala bentuk, isi dan wirama (yakni cara mewujudkannya) hidup dan
penghidupannya seperti demikian, hendaknya selalu disesuaikan dengan
dasar-dasar dan asas-asas hidup kebangsaan yang bernilai dan tidak bertentangan
dengan sifat-sifat kemanusiaan” (Ki Hadjar Dewantara, 2009, hal. 21)
KHD hendak
mengingatkan pendidik bahwa pendidikan anak sejatinya menuntut anak mencapai
kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zaman. Bila melihat dari kodrat
zaman, pendidikan saat ini menekankan pada kemampuan anak untuk memiliki
Keterampilan Abad 21 sedangkan dalam memaknai kodrat alam maka konteks lokal
sosial budaya peserta didik di Indonesia Barat tentu memiliki karakteristik
yang berbeda dengan peserta didik di Indonesia Tengah atau Indonesia
Timur.
Mengenai
Pendidikan dengan perspektif global, KHD mengingatkan bahwa pengaruh dari luar
tetap harus disaring dengan tetap mengutamakan kearifan lokal sosial budaya
Indonesia. Oleh sebab itu, isi dan irama yang dimaksudkan oleh KHD adalah
muatan atau konten pengetahuan yang diadopsi sejatinya tidak bertentangan
dengan nilai-nilai kemanusiaan dan konteks sosial budaya yang ada di Indonesia.
Kekuatan sosial budaya Indonesia yang beragam dapat menjadi kekuatan kodrat
alam dan zaman dalam mendidik.
KHD menegaskan
juga bahwa didiklah anak-anak dengan cara yang sesuai dengan tuntutan alam dan
zamannya sendiri. Artinya, cara belajar dan interaksi murid Abad ke-21, tentu
sangat berbeda dengan para peserta didik pertengahan dan akhir abad ke-20.
Kodrat alam Indonesia dengan memiliki 2 musim (musim hujan dan musim kemarau)
serta bentangan alam mulai dari pesisir pantai hingga pegunungan memiliki
keberagaman dalam memaknai dan menghayati hidup. Demikian pula dengan zaman
yang terus berkembang dinamis mempengaruhi cara pendidik menuntun para murid.
Sumber: Modul LMS PPG Prajabatan Mata kulia Filosofi Pendidikan
Komentar
Posting Komentar